English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Merawat Ban

Tips Merawat Ban.

Penyebab utama kecelakaan di jalan raya sebagain besar disebabkan karena ban kendaraan tidak layak jalan. Hal ini disebabkan kondisi ban yang botak atau tingkat keausan permukaan ban yang tidak merata. Hal ini sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan terutama pada kecepatan tinggi. 
Berikut adalah Tips tentang merawat ban mobil anda :
  • Cek keseimbangan atau balance dari ban mobil secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
  • .Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.
  • Jangan tunggu ban rusak. Biasakan selalu memeriksa tekanan ban mobil Anda, paling sedikit sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan lapisan mudah panas karena besarnya gesekan dengan aspal, sehingga membuat ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.
  • Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan. 
  • .Agar lebih awet, buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
  • Gunakan uang koin sebagai penunjuk apakah ban Anda masih layak atau sudah botak alias rata dan harus diganti. Letakkan uang koin di tapak ban mobil, jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.
  • Untuk pengukuran yang tepat atau valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil habis digunakan menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.
  • Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan, atau dari emblem karet di seputar lingkaran ban sendiri.
  • Jangan lupa pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional.
--Info dan Stok Terbaru--
--PUSAT MOBIL CBU--