English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Merawat Interior Mobil CBU Anda

Tips Merawat Interior Mobil Anda


Dengan rajin merawat kendaraan akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan kendaraan itu sendiri, Salah satunya adalah merawat kenyamanan ruang kabin/interior  kendaraan karena interior  mobil sangat mempengaruhi kenyamanan anda dan keluarga dalam perjalanan. Tidak hanya faktor nilai ergonomisnya, kebersihan pun menjadi faktor betah atau tidaknya seseorang di dalam kabin. 


Setidaknya ada 5 bagian interior yang perlu diperhatikan, yaitu dasbor, kaca jendela, jok, matras, dan karpet. Jangan segan untuk membongkar jok apabila diperlukan untuk memastikan seluruh bagian interior bersih.


Gunakan kain kecil dan lap untuk membersihkan dasbor. Ini untuk memastikan kotoran kecil yang terselip antara pori-pori dasbor tidak terlewat. Bersihkan secara rata dari  dan menjada samping sela-sela AC hingga tachometer. Jangan lupa gunakan cairan pembersih seperti khusus


Untuk membersihkan kaca jendela, koran bekas menjadi media pembersih yang baik karena koran dapat mengangkat debu. Namun harus dilakukan secara berulang-ulang untuk memperoleh hasil sempurna. Koran dibasahi terlebih dulu kemudian diusap ke kaca secara merata dan searah. Keringkan kembali dengan koran yang kering.

Pada bagian lantai, gunakan sikat. Sikat tersebut sangat berguna untuk membersihkan kerikil, sisa-sisa pasir, ataupun bekas tanah yang sudah mengering. Jangan gunakan air, karena akan menjadi lembab dan sulit dikeringkan jika terkena air. Untuk membersihkan secara total, akan lebih baik apabila jok dilepaskan dan dikeluarkan dari mobil. 


Setelah mengangkat karpet kecil, segera bongkar jok mulai dari bagian depan. Sambil melepas mur-baut amati dan ingatlah letak mur-baut yang ada. Pencopotan jok belakang pada jenis sedan, biasanya lebih mudah karena umumnya dikemas dengan sistem klem tanpa mur-baut.

Apabila jok tidak terlalu banyak debu, pembersihkan cukup menggunakan pengisap debu kemudian tambahkan senyawa kimia. Lakukan penyedotan debu berulang dan bila perlu permukaan jok di pukul-pukul merata untuk menerbangkan tumpukan debu.

Pembersihan dengan memanfaatkan senyawa kimia berbentuk foam harus dilakukan dalam terik matahari namun tetap dilakukan di bawah atap sehingga permukaan jok mudah kering. Penggunaan foam dilakukan setelah tumpukan debu di permukaan jok berhasil dibersihkan. Apabila jok terbuat dari kulit, perlu menggunakan sabun moisturizing dan kain berbahan kaus. Selanjutnya usaplah seluruh permukaan jok dengan kain basah yang sudah disabuni, setelah itu keringkan. Perlu diperhatikan, jangan menggosok jok dengan sikat kasar. Hal itu bisa merusak permukaan kulit kursi.

Karpet mobil juga perlu dicuci. Prosesnya cukup mudah, tinggal sikat dengan sabun, kemudian bilas dan keringkan. Periksa dengan teliti kondisi hamparan karpet paling bawah mobil. Bila terdapat flek bekas cairan, yakinkan itu berasal dari bagian atas. Kalau ternyata noda di karpet berasal dari bawah, perhatikan apakah bagian bawah mobil ada yang bolong atau keropos.
Bila didapati kondisi keseluruhan karpet utuh, pembersihan langsung dimulai dengan membersihkan rel jok bagian depan. Bersihkan dengan kuas dan bila perlu kencangkan baut yang ada. Setelah itu baru lakukan penyedotan permukaan karpet dengan pengisap debu. 

Setelah debu terangkat, kembali bersihkan karpet bawah dengan mengolesi senyawa kimia yang umumnya juga berbentuk foam. Bantuan sikat plastik biasanya akan lebih mengoptimalkan pembersihan permukaan karpet. Setelah itu usap permukaan karpet dengan lap bersih. Biarkan hingga karpet bawah benar-benar kering sebelum rangkaian jok kembali di pasang. Yang tidak kalah pentingnya juga Jangan biarkan Anda atau orang lain merokok dalam mobil Anda, jika ingin tetap bersih dan segar. 





tag:
'Tips Merawat Interior Mobil CBU Anda, mobil cbu, merawat mobil cbu, cara merawat mobil'
--Info dan Stok Terbaru--
--PUSAT MOBIL CBU--